Wisata Kuliner di Solo

Seminggu yang lalu main ke Solo, my hometown… Solo yang terkenal dengan segudang makanan-makanan enak pun murah…Solo tetap tidak berubah tetep ngangeni, kangen dengan makanan2nya, memorable places in Solo and off course the people 🙂

  • Ayam Bakar Ojo Gelo – Purwosari

Ini ayam bakar kesukaan alm. Bapak dan Ibu..”Ojo Gelo” artinya “Jangan Nyesel”..gak nyesel kok makan disini, ayamnya lembut, gedhe2 dan nasi panasnya enaaak deh…cuma karena seringnya kita ke solo makan disini, gw sih gak gelo ya..cuma bosyeeen..

  • Tahok (nama yang aneh)

kalo di Jakarta namanya Kembang Tahu, (gak usah didescribe yah..) tapi yang buatan solo ini beda..lebih manis, dan gulanya gak bikin gatel tenggorokan..sampai sekarang belum tau tempat yang jual tetapnya (ada yang tau gak?)..kemarin baru nyicip lagi di daerah Coyudan waktu nungguin Nyokap.

  • Soto Gading – Gading

Ini soto terkenal banget, dari jaman gw kecil SD sampai beberapa hari yang lalu makan di sana, Soto Gading ini tetap eksis
Menurut gw rasa Soto ini biasa-biasa aja siih seperti soto2 lainnya. Menu utama nasi soto ayam dengan beberapa camilan ada perkedel, sate telur, sate babat, telur dadar..( tapi wkt gw rasain kemarin sepertinya kebanyakan MSG).. Kalo mau coba cabang yang di Jakarta ada kok tempatnya ada di depan Citos.

Jadi ingat Soto Gading, jadi ingat lagi tentang Sekaten di Solo..

Sekaten adalah perayaan Maulud Nabi yang ditandai dengan pawai kirab dari keraton Solo, dan salah satu atraksinya adalah kirab Kerbau2 milik kraton Solo termasuk didalamnya ada kerbau Bule (kerbau keramat-nya keraton soalnya bule sih..eh maksudnya warnanya putih bukan kelabu seperti biasanya, Albino? Dunno…)

Nama Kerbau Bule ini adalah Kyai Slamet..nah pada jaman dulu, katanya waktu Kyai Slamet ini kirab sepanjang jalan Gading, kerbau bule ini mampir ke warung soto Gading dan mengobrak-abriknya…katanya siii..kalo sampai ada warung atau toko yang keobrak-abrik Kyai Slamet..sampai tuh kebo be’ol-be’ol segala maka yang punya warung pasti akan seneeeng banget, nangis terharu bahkan (pernah lhoo) ada yang raup muka pake itu puppy-nya si kebo…(iyuuuuuuh)
nah untuk soto Gading ini akhirnya warung itu jadi sangat laris dan sangat terkenal..ya Buktinya soto Gading itu….tapi Wallahualam ya, orang Jawa kan selalu percaya Klenikan begituan..

  • Serabi – Notosuman

makanan khas solo…udah pada tau kan rasanya seperti apa..enaknya si dimakan anget2 apalagi yang ada campuran coklat meyses-nya.. tapi kemarin makannya udah kelewat 4 jam setelah di beli..lengket2 gitu deeeh..tapi tetep enaak dan beda banget kalo dibandingin kue serabi abang2 kue cubit yang ada di pasar Mayestik (yaa iyaaalaaah….)

  • Risoles atau Lumpia Solo? Lupa deh

tempatnya ada di..hmm..kayaknya warung steak yang berada di suatu tempat di deket SMP gw, SMP 1 Manahan…nama restonya apa ya…rasanya enaaak..enaaak..walaupun perut masih kenyang penuh dengan Soto Gading..tapi Risoles / Lumpia Solo ini lembutt buanget..gak bisa digambarin deh enaknya..

  • Wedang Asle

NAAAAH INI DIAA…ini minuman hangat khas solo yang paling gw kangenin..selama gw besar di solo, gw baru pertama kali minum waktu SMU, itu 7 tahun yang lalu..dan yang kedua ya waktu kemarin itu, selama ini dicari2 gak pernah tau tempatnya beli dimana huhuhu, dicari muter2 gak pernah ketemu eh ternyata ada yang jual deket SMU 3 Warung Miri…
…hmm sampai sekarang masih terbayang2 di lidah bagaimana rasanya nyum..nyum..slurup.slurup..minuman hangat ini tidak seperti wedang ronde (wedang sekoteng) yang terbuat dari minuman jahe..rasanya lebih manis terus pake campuran ketan putiihnya (Ini enaaaak bgt, sumpah deeeh), terus dikasih ada roti tawar, ama kolang kaling (kayaknya sih ada agar2nya juga yah)..kalo airnya dari apa ya? kayaknya dicampur susu deeh.. terus ada lagi yang diminum Hadi, Wedang Kacang Putih (pake kacang segala,,, Gw tidak begitu suka kacang, tapi sepertinya sih enak, next time nyoba aah)..

Recomended bgt!! pokoknya harus dicoba..Gw mau kok bela2in ke solo lagi untuk minum wedang Asle ini…udah tau tempatnya soalnya..tapi wedang asle yg kemarin sepertinya agak kemanisan sih…ampe serak gw

  • Susu Sapi Segar-nya Shi Jack

Warung Amigos (Agak MInggir Got Sedikit) yang sangat terkenal di solo, cabang2nya ada dimana-mana…susu sapi segar.. enaaak deh..kangen susu ini, soalnya waktu dulu di Solo Baru, Gw berdua dengan adik gw (dua saudara yang seperti anak hilang) sering minum susu Sapi di Solo Baru.. Wedang Susu-Sirup (menu Gw)..Wedang eS-Te-eM-Je atau Susu-Telur-Madu-Jahe (menu adik Gw, padalah menu ini adalah menu susu mas-mas tukang Becak, tapi dikonsumsi adik Gw yang waktu itu umurnya belum ada 10 tahun, Buseeet daah)

  • Wedangan Pak Kumis – Manahan

Yang jual benar2 berkumis…(tapi kumisnya tetep tidak bisa mengalahkan kumisnya Mas Adam SUseno XD XD )
Satu porsi Nasi Kucing dengan porsi yang biasa aja (secuil ikan bandeng dengan sejumput sambel yang pedesnya audzubillaaaah) tapi tambahannya itu…hmm kemarin nyobain Paru-paru Bacem, sate kerang, ceker ayaam… pengen ngicip juga menunya Astri yang pake Babat (pokonya full kolesterol, dan itu yang enak XD)

IIIHH ENAAAK ENAAAK ENAAAK BANGEEET!!…sayangnya wedang tapenya gak ada..hiks..terus ada menu pisang owol..pisang bakar yang dipotong2 dicampur dengan gula, meyses dan susu kental coklaaat…(yang kemarin agak keras, mungkin pisangnya belum matang)
Aduuh ngiler gw ngebayanginnya…kelebihan dari wedangan ini, kita makannya bisa dengan duduk lesehan ngobrol panjang lebar, dengan angin malam yang dingin sepoi-sepoi dan harganya muraaaaaah banget.. (aduuh ngidaam gw)

  • Soto Kirana..

Ini soto ayam yang juga terkenal di solo, letaknya di ..hmm..di.. hmm kalo gak salah deket SD gw di daerah Kratonan?atau Sraten atau Tipes ya? (anjriit gw LUpa)..Nah kalo soto yang ini gw suka, soalnya isinya buanyuaak dan luengkaap hehehe lebih lengkap dari Soto Gading…

  • Gelantin Soto Ayam Klodran-nya Yoyok

Kalo yang ini menu yang ada di restonya Yoyok…tempatnya mayan jauh di daerah Klodran (aku pun tak tahu itu ada dimana)..enaak2 yook..thanks ya dah dibungkusin, Nyokap senang tuh..sayangnya kita makan setelah sarapan soto Kirana..jadi nyoba sotonya lain kali aja deeh..
Baru sedikit sih, review wisata kuliner di Solonya…masih banyak lagi yang pengen gw coba..here come the list:

  1. Nasi Bandeng dan Jadah Bakar di wedangan Kabangan, 
  2. Nasi Liweet yang di Solo Baru
  3. Ketan-Gendar Juruh yang ada di Solo Baru juga (aduuh ngiler gw ngebayanginnya) 
  4. Kue Lekker (yg ada di daerah..aduuh lupa, Nonongan ya..pokoknya deket rumah Mela) 
  5. Warung Nasi Gudeg Keprabon 
  6. Jagung Bakar Manis Pedas yang ada di deket kantor pos 
  7. Es Buah yang deket Tipes 
  8. Pempek Palembang deket Monumen Pers 
  9. Bakso Urat..(Bu Narto? is it right?) 
  10. Bakso Pak Ruk..(istrinya namanya Bu Ruk hihihihi) yang di bunderan Serengan 
  11. Nasi Goreng Kusuma Sari (yg diatasnya dikasih taburan keju) 
  12. Pancingan ikan di Janti 
  13. Sate Kambing Mbah Bejo 
  14. Bebek Goreng Kartosuro.. 
  15. Kue Mandarjn 
  16. Ada makanan dari kerak nasi yang dikasih gula jawa belinya di Orion juga (namanya apaaa…lupaa huhuhuhu) 
  17. Nasi Timlo deket SMU 3 yang deket pasar Gedhe 

  18. Klepon, dan Cenal-cenil, oiyaah…es Dawet Pasar Gedhe..(anjriit kangeeeen)..

Ada lagi gak ya, makanan solo enak yang gw kelewatan untuk di coba… Next Time deeeh

ps. Thanks for Astri (and her family untuk tumpangan tidurnya), Hadi (for the Solo trip- nya) dan Yoyok (for the Gelantinnya)

Jangan Kapok direpoti yaaa…

Iklan

6 pemikiran pada “Wisata Kuliner di Solo

  1. Ayam bakar Ojo Gelo juga ada tuh di Lampung katanya sih cabang Solo..mungkinkah? Dan emang enak banget!! Gw juga kalo lagi mbatalin puasa maen kesana, satu-satunya warung yang buka.Soal Soto Gading…mmmm..kayanya dia terkenal gara-gara warungnya dibe'olin sama kebo bule…mungkin campurannya enak kali. Hahahahaha 😀

    Suka

  2. Kalo soal makanan solo yg namanya Intip (kerak nasi yg ada gulanya itu yg mbak maksud) sy tau namanya kok Mbak.. Sy besar di Solo, dan hanya karena saya lupa ketika menulis blog ini, bukan berarti saya tidak tau ttg Solo ya Mbak.. Btw Saya pikir, selama ini saya dan mbak belum pernah kenal, dan saya jg tidak tau siapa Mbak..saya rasa, datang berkunjung dan memberi comment ada aturan yg namanya sopan santun ya Mbak 🙂 ..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s