Resep: Baked Potato Cheese

Rasanya ada yang kurang lebay kalau gue nggak posting resep makanan utk si bocil (eh itu sik bukan #emaklebay tapi #emakrajin #danbaikhati). 
Bukan, bukan karena gue anti mainstream yang tidak rajin menceritakan perkembangan anak dan resep-resep makanan yang ciamik.. Tapih, tapih lebih karena,, anu’,,, sayah emak pemalas yang gak jago masaak.
Untung punya suami yang seleranya gampang, syaratnya asal nggak masak ikan sungai (terima kasih Tuhan, saya gak usah pegang lele…. #hyosh). Saking kooperatifnya suami, kalaupun gue masak sandal jepit disambelin paling dikomentarin beda tipis sama steak balado. Tapi ini loh, urusan makannya si batita satu ini yang sering buat gue patah hati…
Jadi kalau masak terus si bocil doyan, wuuuuh rasa bahagianya sampai nebus genteng deh, makanya gak heran dong ya Aidan juaranya GTM bhuhuuhuhuh *bentar ya mbeker2 sambil nyemplung sumur dulu*..
Jadiii daripada blog-ku nganggur nggak karuan, sambil menanti di bank BCA a.k.a Bank Capek Antri sekarang gue nulis2 resep yang lumayan jadi favoritnya si bocil ajayak..

Resep: Baked Potato Cheese
Resep asli dari bukunya pak Wied Harry yang pakar resep menu makanan anak2 itu.. Lupa, edisi yg mana. Ini gue sesuaiin sama kondisi kulkas gue, yang sejauh ini baik-baik saja :p
Bahan:
2 buah kentang.
Minyak goreng
25 gr bawang bombai
1 sdm tepung terigu
100 ml susu uht (atau dikira2-lah)
Garam
Lada
Gula
50 gr keju parut
Keju quick melt/mozarella
1 butir telor
2 sdm tepung panir
Persiapan :
  • Kupas kentang potong kotak2 dan kukus. Supaya ringkes, ngukusnya barengan sama waktu masak nasi di rice cooker. Jadi gutbai babai panci dan dandang kukusan. Setelah matang panas mengepul, kentangnya dibejek-bejek kasar yah jangan cuma dipegang apalagi dilihatin ajah,
  • Kocok telor, pakai garpu, gak usahlah pakai spatulla apalagi mixer, gak berasa beroooh..
  • Siapkan loyang atau wadah alumunium foil, jangan lupa oleskan minyak goreng/mentega.. Ini penting, karena pengalaman gue suka lupa, walhasil pada bakal nempel di wadah. Ribet nyucinya (ini kok ribet nyuci melulu ya) pun kalau makanannya nempel di dinding mangkok kan gak necis penampakannya kayak ngelumut gituh…
  • Bawang bombai dicincang halus. Paling enak si cincang si bombai pakai pisau daging, jadi berasa sedang acara Wook With Yan... #angkatanjadul #pastitahu
  • Pakai sayuran untuk varian gizi yang lebih oke, bisa pakai brokoli wortel dll..(padahal sendirinya sih sering bikin gak pakai varian sayur)

Cara:

  • Panaskan minyak, tumis bawang bombay sampai harum.. Ini gue suka gak nemu kapan harumnya, pokoknya sampai layu (maklum amatir).
  • Masukkan terigu.. Aduk cepat sampai berbulir2, nah ini yang suka bikin jantung dan hati berdebar-debar.. Bukan karena mau diapelin pacar pertama.. Tapi takut kalau si terigu sudah keburu menggumpal dan gosong kecoklatan. Grinjil-grinjil gak lembut sempurna gitu bikin gemes. HIH
  • Tuang susu sedikit demi sedikit sampai adonan susu licin dan mengental. Berikan garam, lada, dan gula secukupnya.
~~ definisi secukupnya ini nih yang menyebalkan, secukupnya tuh seberapa sih? Sejimpit, sejemprit, se’emprit, seujung sendok, sesendok kan berbeda-beda. Jadinya ya hanya mengandalkan insting lidah (yang sayangnya kurang bisa diandalkan) ~~
  • Setelah saus susu matang, matikan kompor, masukkan kentang sama kocokan telur, aduk rata.
  • Masukkan keju parut, aduk sekedarnya saja.
  • Ratakan di mangkok/loyang tahan panas. Taburkan dgn tepung panir dan keju quick melt/mozarella biar penampakannya cantik.
  • Panggang di oven sampai matang.
  • Sajikan.

Dan ini hasilnya TTTTAAADDDDAAAAA

eh fotonya gak ada ya? eh pegimane sik niii,,, *ngubek2 laptop gak ketemu* HAHA. Menyusul yak

Eniwei setelah foto kentang tadi gue ambil, gue ke dapur mau ambil mangkok untuk makan. Sekembalinya ke meja, Aidan sedang menyemprotkan cairan pembersih kaca si Mr. Happy eh salah maksud gue Mr. Muscle… ke…kaca.. meja.. lokasinya… tepat.. sebelahan.. dengan.. kentang panggangku.
“HYOOONGALAH AIDAANNN” 
 
Gue cuma bisa mengelus dada yang semakin hari semakin rata saja… ~sebenernya sih bukan dada gue yang rata, tapi perut gue yang semakin eksis awet buncitnya~
Terus apa kemudian dimakan? TENTOE SADJA gue yang makan. Rasanya gimana? Pastinya kentang panggangku yang tadinya wangi keju sekarang makin berotot terkena aroma si Mr. Muscle ini…
Iklan

2 pemikiran pada “Resep: Baked Potato Cheese

  1. waduh saya nggak jelas ya.. hahaaha
    maksudnya wadah tahan panas, bisa mangkok pyrex, wadah stainless steel atau alumunium foil yg sudah berbentuk mangkok cetakan itu mba.. kalau nggak salah di alfamart cs ada kok..

    kalau alu foil yg utk mbungkus diakalin bisa aja sih,, tapi jadinya nanti mirip rolade ya? *ngarang*

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s