Dunia dalam Drama korea.

Emang apa sih bagusnya drama korea? Bukannya ceritanya hanya tentang kisah cinderella dan suka ngga masuk akal yah? Lah emaaaang iyaaaa… Kalau masuk akal bukan drama korea namanya, tapi drama kehidupan..

Tapi meskipun sukak, gue pun sempat kok mengalami masa jenuh. Baru lihat drama korea lagi dua tahun yang lalu sewaktu ada serial That Winter The Wind Blows.. Itulah awal gue balik maning ke hobi lama.

Saking selonya, gue suka googling Korean Artist before-after-plastic-surgery. Kesimpulannya. Ya sutralahyaa dimaklumi saja. Selama wajah yang dari sononya sudah ganteng dan cantik boleh kok diperbaikin sana sini.. Tapi kalau make overnya sampai benar benar berbeda dengan aselinya, yang ada gue lihatnya ngilu.. Kayaknya artis-artis ini kok jadi susah gerakkin muka, belum lagi rahangnya sampai digerus. Ouuch

Kembali fokus.

Jadi sekarang suka lagi nih dengan drama korea? Iya, sejauh ini sih favorit gue masih yang bergenre romantic comedy dengan OST yang satu frekuensi. Sudah capek kakak kalau masih harus nangis lihat permasalahan yang ada di dalam drama korea. Maunya yang bikin ngakak-ngakak aja, oh iya dan pemerannya harus yang sudah eksis sejak 15 tahun yang lalu ya. Jadi hei kau artis muda jebolan para idols, kecuali kau Lee Min HO.. dada babay dulu yaa..

Satuu lagi, gue ngga menyarankan semua harus suka sama drama korea. Tapi kalau kalian mulai suka dengan drama korea, ingatlah ada satu resiko yang harus dihadapi. Apalagi kalau bukan …

… BEGADANG …

cr. to dramatroll.net

Nah untuk teman teman yang sering melihat drama korea, apakah kalian sering mengalami in love and hate relationship dengan berbagai adegan yang ada?

Berikut gue ingin menjabarkan keganjilan apa yang biasanya selalu terjadi dalam drama korea..

Para Mbak-mbak di drama korea..

  1. Biasanya mbak di sini adalah wanita yang miskin ~tapi cantiik~. Walaupun miskin, tenang saja, nanti ada mas ganteng minimal CEO yang jatuh cinta setengah mati.
  2. Si mbaknya pasti punya saudara yang trouble maker, bertingkah bodoh menyebalkan dan menyebabkan si mbak’e selalu kena masalah.
  3. Wajib make over. Hebatnya, hanya di drama korea cowok ganteng mau nungguin cewek nyalon.. biasanya kan ikut perawatan.  Begitu kelar, si mas’e akan menatap takjub sampai khawatir kalau ludahnya jatuh.
  4.  Mbaknya mabok kebanyakan minum soju? Tenang, pasti akan ada pria ganteng muda dan sexy yang sigap menggendongmu pulang.
  5. Wrist Grab. Apa ya istilahnya, pokoknya si mbak harus siap-siap kalau pergelangan tangannya dicengkeram dan digeret sama si masnya untuk berbagai macam alasan.
  6. Historical drama? Mbaknya nyamar jadi pria ya. Ngga usah khawatir , walaupun mbaknya masih cantik lemah lembut, biasanya pria-pria di sini rada picek.. dengan kata lain, es yuuusuweeell.. ngga ada nyadar aja kalau situ perempuan..
  7. Mbaknya harus siap-siap mendadak dicium ya. Lebih tepatnya tiba-tiba harus beradegan tempel bibir ~~sambil mata mbaknya yang melotot ala-ala kaget gitu looh~~. Lalu ada guguran bunga cherry di mana-mana dan dunia akan berputar.. Maksudnya kamera akan berputar mengelilingi mereka.  Kameranya ngga berputar? Yah kitalah yang berputar mengililingi layar.
ini akuh di depan layar komputer

Para Mas-mas di drama korea…

  1. Minimal dia adalaah seorang CEO. Nah, sekarang coba kasih tau gue.. di mana di Indonesia bisa ditemukan CEO yang hi quality punya.. Kalau kata KFC namanya paket Super WOW, soalnya selain ganteng, masnya ini masih muda, lajang, tajirrr, seksi, setia dan cinta matik pulak. Aiih. Kalau di sini ketemu yang kayak gitu,tolong dicek juga.. dia suka wanita atau sesama batang ya..
  2. Dibalik mas ganteng, selalu ada Ibu mertua jahat.. yang kehadirannya hanya punya satu tujuan yaitu menggagalkan hubungan si mas sama si mbak.
  3. Nggak ada Ibu mertua jahat? Tenang. Masih ada saudara ipar perempuan yang bitchy.
  4. Nggak ada Ibu mertua dan saudara Ipar. Masih ada nenek dan paman yang resek.
  5. Ngga ada juga? Pokoknya cari terus sampai ketemu, siapa atau apapun kek, pasti ada!
  6. Kalau si mbak wajib make over, maka si masnya harus ada adegan.. mandi. Alias berdiri terpekur dibawah air pancuran. Ngga ada yang pake gayung yak. Menurut panjenengan? Nah adegan ini nih yang paling mueehaaahahaaaaa.. Klo abs-nya oke si mas’e akan shirtless.. Kalau badannya kurus biasanya mas’e akan mandi pakai baju.
  7. Si masnya pasti punya sekretaris cowok. Yang boleh dibilang stand by di samping dan selalu kepo dengan urusan masnya. Makanya hampir di tiap drama korea ~yang gue tau~ ngga pernah tuh temanya tentang cerita cinta si sekretaris CEO.. Ngga ada waktu buat pacaran boss! Kecuali dia pacaran sama bosnya.
  8. Siap-siap ya masnya, nanti harus berantem gontok-gontokkan.. Tapi tak usah gundah gulana, ngga bakalan tuh mata bengep, pipi bengkak atau bibir jonthorr paling hanya tampak tetesan merah merembes mesra di di pojokan bibir.. IH  itu mah cipokable. Walaupun gontok-gontokan, recovery-nya pakai sistem kebut semalam kok, alias berantemnya malam ini, besoknya.. CLING.. wajah kembali kinclong.
  9. Akan ada hari dimana muncul mas ganteng nomor dua. Kualifikasinya nggak kalah dari paket Super Wow.. Naksir mbaknya juga? Heya iiiyaalah… Bedanya, mas’e nomor dua ini berada di level sahabatzone. Semakin melas, sampai akhir episode biasanya si mas’e nomor 2 ngga akan pernah bisa jadian sama si mbak’e.. Sudahlahya memang sudah nasib untuk ngalah sama si Mas’e no 1.
  10. Celana mas-mas ganteng harus berwarna gonjreng. Semakin cerah, semakin itu yang sering dipakai para pria di drama korea.
Ey4aZk7.jpg
cr. to soompi.com
Min Ho lookin' spiffy in his pink pants.
di drama korea real man pakai warna gonjreng..
di Indonesia.. real ayam alay warna bulunya dibuat jadi gonjreng

cr. pic. to this

.. Sebenarnya apa sih yang terjadi di drama korea..

  1. Kisah Melodrama? Biasanya sih berakhir sad ending. Iya sad ending yang is dead alias modhiyar kabeh ituh.. Mangkel kan? Tapi kayaknya sekarang produser dan penulis sudah rada pengertian.. Sudah banyak melodrama yang berakhir happy ending (akhirnya oh Tuhankuuu).. Tapi meski begitu, biasanya kita akan dibuat menangis di sepanjang 80% episode, 15% sisanya berantem dan 5% atau 10 menit episode terakhir baru deh mas’e sama mbak’e bahagia

    ini udah nangis mewek.. masih juga mateek semuaa…
  2. Selalu ada cinta segi tiga atau cinta segi empat… Bahkan kalau bisa cinta segi lima, jajaran genjang atau trapesium ya jabanin.. Pokoknya caari yang muteeer aja gitu.
  3. Logika yang ada di drama korea. Semakin kamu jatuh cinta, semakin kamu harus putus. Gek yo piyeeee kuik horook? Demen banget bikin pala pucing sendiri.
  4. Paling sering mbake sama mas’e jatuh cinta karena tinggal satu atap. Agak susah ya kalau CEO ada di Seoul, sementara si mbak’e ada di Boyolali.. Bengkak di ongkos produksi shooting ya jeung.. Jadi paling murah ya bikin cerita kalau mereka harus tinggal serumah.. Kalau di sini sih dijamin halal keburu digrebek pak satpam..
  5. Semua orang di drama korea pasti sakit kanker. Ebuset. Atau kalau ngga sakit parah, mereka biasanya punya phobia. Ini ngga bisa ya kasih penyakit yang rada baek hati gitu. Biduran atau kaki gajah gitu, misalnya.

    ketahuan sakit kanker setelah berjalan beberapa episode.. .. beneran pengen jedhot-jedhotin kepala ini mah..
  6. Bukan drama korea namanya kalau ngga ada adegan ditabrak mobil. Okeh deh kalau itu terjadi di pengkolan gang depok macet city dimana para pengendara motornya punya banyak nyawa. Lainiii jalan raya yang lebar dan lengang, tiap menyebrang jalan sendirian kok ya ditabrak.
  7. Kalau ngga ditabrak mobil. Ya amnesia.. Halaaaah amnesia lagi. Tp tenang.. Ngga ada make over total alias ganti pemeran. Emang sinetron Indonesia?
  8. Kalau ngajak ketemuan untuk membahas masalah yang serius pasti nongkrong di cafe. Duduk pun harus formal berhadap-hadapan. Pokoknya anteng rapi jali macam sedang interview pekerjaan. Ya masak mau janjian di warteg pinggir jalan sambil makan pecel ayam. Agak susah ngomongin masalah hidup mati tentang percinta’an ya kalau sambil nyocolin pecel lele terus matanya kecolok sambel. Yang ada lagi serius mau nangis, si abang nagih suruh bayar kasbon yang kemarin.
  9. Kalau kamu tertidur? Tungguin saja pasti ada calon-belahan-jiwamu yang serius liatin sambil jarinya pelan-pelan menekuri garis wajahmu. Pastikan tidurnya jangan nganga apalagi ngiler ya.. Langsung ciyut kan kalau bau jigong…
  10. Makanan di drama korea itu kayaknya enak sekalii.. Kalau lagi pusing mereka pasti makan dengan porsi yang besar. Tapi tetap aja tuh ngga ada lemak yang mampir… Sementara di sini, minum air putih aja naik dua kilo.
  11. Lokasi yang harus ada di tiap drama korea goes to… jengjengjeng… apa lagi kalau bukan: bandara. Tempat di mana satu orang dan orang lainnya saling mengejar satu sama lain, tapi tetap aja nggak ketemu. Kalaupun ketemu, pasti itu hanya selisipan jalan.
  12. Lepas dari bandara, mari kita pindah ke… rumah sakit. Kalau dipikir-pikir seruan juga di sini.. Bosan dengan antri di rumah sakit, masih ada pengobatan alternatif. Lalu ketika mas’e sedang memandangi si mbake yang sedang kesakitan, di situlah air mata akan menetes ganteng di pipi. Suasana romantis semakin seru ketika tiba-tiba datang ki Kusumo sedang mee… rem melek menyemburkan air kembang tujuh rupa.

    image
    ..biarkan akuh yang menanggung sakitmu sayangku..
Reaction GIF: flirting
..bisa diatur itu, nanti saya sembuhkan..

Nah sudah itu dulu ya.. Klise dan absurd kan? Ini akibat seringnya kita menonton drama korea sampai sudah hapal dengan adegan-adegan yang sering terjadi di dalamnya (tapi biar kata basi tetap ditonton juga kan?)..

ps. Postingan ini dibuat setelah habis ngekek-ngekek baca blog tentang apa yang selalu terjadi di korean drama..

 

Iklan

46 pemikiran pada “Dunia dalam Drama korea.

  1. Buahahahahaaha….. ini asli ngakak abis deh. Semuanya betul mbak!
    Btw aku lagi vakum ama drakor. Pernah nulis drakor juga. Trakhir nonton jaman the heirs 2 thn lalu. Dannnn my fav adalah KIM RAE WON!!! *cipokkkk!!* cats on the roof, love story in harvard..duhhh kangen!

    Disukai oleh 1 orang

    1. Yeeeeeyyyy sukaaaaa drakor jugaaaak..

      Aku jg baru2 ini kok mba hahahaha.. Heirs malah belum (tertarik) nonton.. Selera ahjussi2 kalau aku mah.

      Waaaak kim rae woonn.. Sungguh anti mainstream sekali. Kiyutnya beda dgn aktor lainnya ya mbaa.. Aku jg suka tu di di my love patzy sama love story in harvard.. Dia ada main film tu sama lee min ho

      Suka

      1. Judulnya gangnam blues mba Joe.. Kata temenku yg penggemar Minho.. Kim rae won hot banget dsini..

        Nah justru yg seru kalai dah lama gak ngikutin kabar, trus skg update lagi.. Ahjussi2 ini skg kereeen2 looo..

        Suka

  2. dan cowo sempurna itu cm ada di drama korea ya mba.. cakep, tajir, baik, setia, romantis dll lengkap deh.. bikin kesengsem, klepek2, berkhayal yg ‘iya2’ hehehehe.. bikin susah move on 😛 anw salam kenal mba blogmu slalu bikin ngekek2.. 🙂

    Disukai oleh 1 orang

    1. Yoaaaaaaiii ituuu beneeeerrr bgt!! Susah move on.. Kelar drama lgsg galau.. Apa yg harus dilakukan hihhahah..

      Haaai mba Rieskee.. Salam kenal jugaaa… Alhamdulillah kalau bisa bikin ngekek hehhee.. *pake gincu* *nyengir lebar*

      Suka

  3. Gara

    Saya ketawa sampai ikutan keriting :haha. Kocak banget dah, tapi sudah tahu begitu yo kok kita masih tonton drama korea ya Mbak :hihi. Hah, sudah lama saya tidak mengikuti drama-drama begini lagi. Terakhir nonton itu Brilliant Legacy dan yang ditulis di sini ada semua :haha.

    Suka

      1. Gara

        Dulu pernah tayang di Indos*iar kok Mbak :hehe. Chanrahan Yusan, judul koreanya :wkwk.
        Iya banget, itu menontonnya saja harus kuat-kuat iman :haha.

        Suka

      2. Gara

        Waktu masih kecil sih saya agak toleran dengan dubbing-nya, Mbak, soalnya kalau dengan suara asli kan mesti tidak mengerti. Tapi kalau sekarang kayaknya mending bahasa asli, sih. Kerasa ekspresinya :haha.

        Disukai oleh 1 orang

  4. yang melodrama berakhir matek juga aq gak suka bangeeet… uda sedih mulu dari awal sampai akhir, eh matek. udah dibela2-in begadang eh matek. jadinya klo ditengah2 udah baunya sedih doang langsung skip deh…

    Suka

  5. Ping-balik: …Racun itu Berjudul Running Man… | Jerapah Keriting

  6. Ping-balik: Drama korea : Descendants of The Sun | Jerapah Keriting

  7. Ping-balik: One of The Best Drama Korea : Signal (2016). | Jerapah Keriting

  8. Ping-balik: Movie Review. My Annoying Brother (2016). – Jerapah Keriting

  9. Pilaroofey

    Wah mbak seru bacanya, sampe senyum2 sendiri:D
    Sama mbak aku juga kurang sreg ama drama level abg, gampang ketebak sih ya. Sukanya yg lucu2 aja. Btw aku kepo kenapa semua orang ngomongin goblin, sebagus apa sih? Tapi mau nonton juga males eh. Agak nggak tertarik gitu.
    Ini nih mbak drama yg aku udah nonton dan recommended, catet ya: Healer, Kill Me Heal Me, Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, Strong Woman Do Bong Soon, Legend of Blue Sea (aku nggak suka sama Lee Min Ho tp yg bikin aku nonton ini karena ada mbak Jun Ji Hyun)

    Disukai oleh 1 orang

    1. Hahahha.. makasih yaaa..

      Mmmm Goblin? Bagus kok. Nggak tertarik ngga papa, memang harus ada chemistrynya dulu antara kita si penonton dengan cerita dramanya hihi..

      Waaa iyaa.. rekomendasi drama favoritnya banyak yang populer. Yg dari kamu sebutkan di atas, aku baru nonton Strong Woman Do Bong Soon dan Legend Blue Sea (eh ini malah ep terakhir gak lanjut). Kill Me Heal Me baru ep 8 apa ya.. lupa lanjut karena banyak drama lain..

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s