Apa Kabar, Ottoboy?

image

 

Sebagai #emaklebay, dulu gue sempat ingin menjadi momblogger yang rajin mencatat milestone perkembangan anak. Tapi ternyata gue malas..

Eh terus tau-tau si bayi sekarang udah tambah gede aja, waduh..

Jadi sekarang gue kepengen nulis nukilan obrolan sehari-hariku dengan si buyung. Jangan dikira gue harus berpikir keras untuk mengingatnya ya.. beneran mikir keras kok..

Nah, sekarang apa ceritamu Nak?

***

  • Karena adonan kalis itu tempatnya memang di perut..

Hari itu gue sedang sholat berjama’ah dengan sang ananda. Tentunya gue yang jadi imam, dan si entong jadi pengacau penggembira makmum..

Gue    : *ceritanya mencoba khusyu’* “….”

Aidan : “…”

Mengamati emaknya yang berdiri tepat sejajar dengan arah pandangnya.. Diantara suasana hening, tiba-tiba dia nyeletuk.. ” PEWUT MAMI GENDUT”

… mamakkk, buyar sudaah… buyaar!

***

  • Untung gue bukan penyanyi.. 

Ketika ada lagu heitsss sedang berkumandang..

Gue mengajak anak ikut berdendang. Semakin si bocah berkonsetrasi mengikuti liriknya, semakin bersemangat gue dibuatnya..

Baru juga sepatah dua patah kata, tiba-tiba dia membekap mulutku..

Aidan : ” Mami jangan nyanyi.”

*terus dia lanjut nyanyi sendiri* 

***

  • Mungkin ini penyebab gundulnya hutan..

Gue    : ” Aidan paling suka sayur apa?”

AIdan : ” Bayam. Sama pohon.”

..wow, mamak jago masak pohon!

***

  • Tentang menjawab omelan emaknye..

Gue  : ” …blablabla *ngoceh* blablabla… Aidan denger mami kan? Jadi begitu ya Nak..”

AIdan : ” Iyaa…. ka na’budu wa-iyyaaka nasta’iinu..”

*laaah dia malah baca doa Al Fathihah*

***

  • Goyang Telinga, maaang..

“LIhat.. mami bisa ngga?” Tiba-tiba Aidan menunjukkan sesuatu. Begitu gue lihat, ooohh cuma mengangkat kedua alis..

gampiiiill…

Langsung deh akika bermanuver.. Mau naikkin satu alis? Atau naik-turunin kedua alis? Selama ngga disuruh ngejar tikus curut, cingcai mah..

Tapi bukan itu maksudnya, dengan dalih alisnya naik turun ternyata dia sedang menggerak-gerakkan kedua telinganya sendiri. HAH kok bisa? Sampai berpuluh-puluh tahun gue hidup di dunia, kemampuanku masih sebatas menggerakkan cuping hidung.

Dan satu-satunya manusia di dunia yang gue kenal punya kemampuan menggoyang-goyangkan telinganya sendiri adalah… suamik.

Maka, ketika gue menjumpai si bapak dan anak sedang duduk berdampingan.. biasanya mereka langsung perform di depanku. Mungkin mereka adalah duo artis dangdut pantura dengan atraksi Goyang Telinga..

***

  • Namanya juga sopan santun di jalanan..

Sekolah Aidan masih berada dalam satu komplek, yang artinya tiap ke sekolah dia selalu naik sepeda. Emaknya? So pasti mengekor di belakang sambil..

payungan.. Gue semakin mirip penampakan artis yang sering pergi ke pasar deh..

Sarimin, namanya. *lah, topeng monyet dong*

Enihhweii.. biasanya jalanan di komplek kami ini ramai akan kendaraan yang lewat, baik itu roda dua, roda empat maupun tak beroda (kayak gimana? ya mungkin kendaraannya dibopong). Sementara itu si bocah lanang bersepeda diiringi emaknya yang rempong mengingatkan untuk selalu berada di sisi jalan.

Berada di pinggir, menurut tuan muda Aidan, artinya mengambil jalur zig zag.. Kadang berhenti, ada kalanya menuntun sepeda, sekali waktu muter balik dan seringnya berpapasan dengan para pengendara lainnya.

Suatu hari ketika sedang asik bersepeda, tiba-tiba muncul mobil dari ujung jalan..

” PERMISI BABY, ITU ADA MOBIL.”.. *mamakboy in action*

Anak gue mematung sambil menatap bolak-balik antara diriku dan mobil yang ada di hadapannya. Mirip keledai ngambek di tengah jalan yang ogah ditarik tapi ngga mau didorong..

Gue bergegas menghampirinya.. ini anak kok ngga nurut sih? Masak iya gue harus pakai urat bakso dulu baru dia mau menyamping..

“AIDAAAN PERMISIII.. PERMISIII NAAAK, ADA MOBIL”

.. terus baru sadar…yang seharusnya gue katakan adalah

“AAAWAASSSS ITU ADA MOBIIL!”.

Terang saja dia bergeming, bingung dengan maksud emaknya. Pasti susah ya bilang permisi ke mobil yang mau lewat, dikate mau pamitan waktu lebaran?

***

  • Ulal melingkal di pinggil pacal..

Si buyung masih belum sempurna melafalkan konsonal R dan L. Setiap dia mengucapkan kata-kata dengan kedua aksara tersebut, pasti akan berakhir menjadi huruf W..

Kalau lagi iseng, gue suka mengucapkan kata-kata yang huruf R nya mendominasi.

Gue     : “Lapar… ”

Aidan  : ” WaparrRRGGGHH..”

Gue     : ” Ulaaaarrrrr”

AIdan  : ” UwaaaRRRRGGGHH”

Gue     : ” Supeer”

Aidan  : ” SupperRRRGGGHHHH.. HhhhRrrRRGH”

Aidan membeo sambil ngeden. Kamu ada keturunan zombie, nak?

Coba lagi ah

Gue     : ” Laaa.. Ri Laaa..RI”

Aidan  : ” Waaawiiii..Waaawiii”

.. yastrrallaaahyaa.. 

***

  • Karma itu nyata, budee.. 

Celotehan balita itu paling bisa bikin tengsin bapak ibunya. Pernah melihat orang tua yang tampak malu mendengar kicauan anaknya? Padahal si anak sama sekali tidak tau apa artinya loh.. Jadi jangan heboh, panik, apalagi marahin anaknya ya boebook.. keep calm yu gaaiiss..

Kalau akuuh? Aku adalah orang yang ngakaknya paling membahana kalau mendengar kisah tengsin teman-teman gue.

Sampai gue mengalaminya sendiri..

Di lorong mainan sebuah supermarket.. Gue sedang mendorong troli belanja dengan Aidan menjadi salah satu pesertanya. Mendadak, ni thole bersemangat menunjuk sesuatu. Volume suaranya saat itu hanya bisa dilampaui oleh tereakannya Soimah.. kenceng banget!

“MAMII WIHAAT!! ADA WEMOOOT KONTOOO**”

3490e-382
…what the helli guk guk guk, kemari guk guk guk?

*pura-pura tidak mendengar*

“INI APA ITU? WIHAT, ADA WEMOOOT KONTOOO** MAMIII… “

 *memberikan tatapan anak capa ini??*  

“Remote control, sayang.. remote control.”

“IYA MAMI, WEMOT KONTOO**.. WEMOOTTT KONTOOO**

Walhasil di sepanjang lorong yang ramai itu ada penampakan emak2 yang dengan kekuatan bulan akan tampil kalem..pit lempit menjelaskan lafaz kata yang dimaksud. SI bocah tidak peduli, tetep saja mengoceh wemat..wemot *sensor* meluluuuk..

auk ah..

Iklan

50 pemikiran pada “Apa Kabar, Ottoboy?

  1. Bhahahahahaha…. Btw yg R diganti W ini kejadian juga di ponakanku, tp doi besar di Sydney bok (gw kirain krn itu si doi blm bs bilang R). Apa Aidan suka nonton kawtun-kawtun (baca: kartun) yg gak di dubbing kali yah di TV?

    Suka

  2. Aidaaaan…kamu lucu sekali sih naaak 🙂 bhahahahaha…
    *cubit-cubit pipinya!!*

    Iyaaaaa…lain kali kalo Mami lagi ngomel langsung dikasih Al Fatihah aja yah nak, sekalian ama surat Al Ikhlas & surat An-Nas yah sayaaaang…*semacam lagi ngusir setan siiih bhahaha…*

    Suka

  3. Hahahahahahahahaha. Ngakak abis baca ini….. Btw soal pelafalan L dan R sama kayak A, dia demen banget ganti L dan R jadi W. Ayah kok Wama datengnya. Mau maen Mobiw, wemot kontow…. Hahahahaha 😀

    Suka

    1. Eh baru nyadar, komennya mas Dani kok masuknya ke spam ya?

      hahahhaha.. Tossss dulu dooonggg sama A.. Jadii, jadiii A sudah bergabung dengan Aidan dalam klub penyuka wemot kontow juga yaaaa hahahhaha

      Suka

  4. Ya Tuhan saya ketawa pagi-pagi :haha. Sopan amat Mbak, sama mobil permisi, kalau saya mungkin sudah teriak-teriak dah supaya minggir :hehe. Klimaks di mal itu jos banget, langsung kena karma emaknya gara-gara ngerjain.
    Eh, goyang telinga itu genetik, ya? Saya juga nggak bisa soalnya :haha.

    Suka

  5. Buahahaha…aduh maaf ini ketawanya susah di rem..abis lucu bgt!
    wah siap2 nih bentar lagi kalau anak saya sudah bisa bicara, mungkin saya akan mengalami kisah2 lucu seperti yg dialami mba Dewi.. 😀

    Suka

      1. oyayaya tatata dadada.. hahahha.. jadi inget masa2 anakku waktu rewel babbling ngga jelas..

        doi ngomong bahasa planet
        emaknya nggak ngerti
        doi frustasi
        emaknya ikut betek

        … diulang 100x..

        Suka

  6. Lucu banget wemote konto….nya hahahahaha… Jaaann bikin ngekek..
    Kalo anakku manggil bapak yg suka bersih2 di rumah, yg kebetulan namanya pak Pri,,, “Mama mama itu ada Pak P*li..” :))

    Suka

  7. ” PEWUT MAMI GENDUT” Mbak, begitulah anak2 kita dg segala kepolosannya…
    Kalau Lukman: “Ma, aku pingin naik GoJek spt kakak, tapi Mama nggak usah ikut ya, kasian abangnya keberatan” mukanya lempengdotcom, sedangkan emaknya pingin nelen anaknya…. 😆

    Suka

  8. Ping-balik: Suatu hari di dunia Ottoboy.. | Jerapah Keriting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s