Mami, kok nggak senyum?

Hari ini aku marah sama Aidan.

Habisnya lagi sholat, tiba-tiba dia memanjat dan nemplok ke punggungku.. Udah mirip bekicot nangkring di pohon, pokoknya. Berusaha khusyu? Hhhh ya..ya..yaa..

hang-in-there
ada yang nyangkut kayak begini

Selesai sholat, gue masih duduk diam memperhatikan apa yang dilakukan si entong. Sabaar maa.. sabaaar maa.. Mana senyum lembutnya, bundaa.. *tiba-tiba seantero dunia berkomentar ramai.*.

ketawaserius
Tidak bisa

Aselik gue keseeeeeelll banget.

Kalau sudah begini, gue hanya diem dengan wajah cemberut yang jelek. Ih gue aja malas lihat muka gue, apalagi anak gue yak.. Ini sekrup dan mur wajah udah kagak bisa disetel mode bunda sabar, soalnya.

Kemudian gue duduk menghadapnya sehingga tinggi kami sejajar. Gue tatap wajahnya. Dia tau kalau gue marah.

Gue    : ” Aidan kan Mami sudah bilang, kalau Mami lagi sholat ngga boleh ganggu.. Kenapa Aidan tadi begitu?”
Aidan : ” Karena mau..”
Gue    : ” Memangnya Aidan kalau main lego, boleh mami gangguin?”
Aidan : ” NGAAAK MAUUU..”

Kenapa gue harus membandingkannya dengan dia main lego? Waktu kalimat itu tercetus, sudah tidak terpikir apakah benar atau salah..

Dan seperti biasa kalau sudah begitu Aidan tidak mau menatap mata gue.. Karena tau gue kesel, dia semakin berusaha menebus kesalahannya dengan.. melakukan kesalahan lain. Tiba-tiba dia berupaya melepas mukenaku. Mukena diturunkan melalui kepala melalui cara yang seru *menurut si anak*. Sejurus kemudian, kepala gue sudah nongol mirip korek api. Pop up, dhoweweweng. Arrrgh..

Gue tinggalkan dia. Gue tidak peduli dengan teori parenting-parenting itu.. Laiya, wong ngga pernah datang seminar parenting.. Gimana mau datang, tiap ada seminar peraturannya dilarang bawa anak. Ini gimana sih? Seminar tentang anak, tapi nggak boleh bawa anak.. Anak mau dititipkan ama sape? Support system? Support system apa jeung? *sudah anggap saja akuh sedang PMS ya*

Jadi entahlah yang gue lakukan tadi benar atau tidak. Pokoknya setelah itu gue masih cemberut. Hhhhh..

Dua detik kemudian..

Eh..

Baru ingat anak gue belum makan. Laaah, gimana sih? Ngga bisa kirim kode supaya makan sendiri ya, kan mami lagi ngambek ni naak.

Begitulah jadi emak-emak. Biarpun keki, tugas tetap jalan terus. Kemudian setelah gue berikan piring makannya, sambil tersenyum anak lelakiku berkomentar…

” Mami, mamii senyum.. Kenapa mami ngga senyum? Gini loooh mamiii”

Aidan mengerjap-kerjapan mata dan sambil pasang senyum penyeselan yang kecut, dia menarik wajahku.. Lebih tepatnya bibir gue dipleyat-pleyotnya sedemikian rupa hingga membentuk garis senyum.

Meleleeeh mamaah.

Mau nggak mau gue menahan nangis dan langsung pasang senyum yang lueebaarrrrrr banget. Aaahh, maafin mami ya nak… Huhuhuhu..

Iklan

39 pemikiran pada “Mami, kok nggak senyum?

  1. Motherhood oh motherhood. Kalo udah emosih rasanya semua teknik parenting lali kabeh. Ya tapi emang bener sih lupa (tepatnya: gak pernah nyimak), wong gak pernah ikutan ke seminar parenting :/

    Suka

  2. salam kenal mba 🙂
    kya nya emang semua bocil gitu ya hihiii
    anakku juga nih klo tau emaknya lagi sebel langsung manggil2 ‘ibuuuu…’ semanis manisnya, klo udah gitu siapa yg gak meleleh yaaa haha..

    Suka

    1. Haaaaii salam kenaal juga 🙂 (salaman). Panggilannya siapa? Mrs. Prana?

      tossss dooong kalau gitu, so sweet bangey putrinya..
      yang kayak gini malah bikin aku mrasa bersalah.. knp harus sebel2 ya hihi..

      Suka

      1. Anak2 kan suka caper sama maminya entah sekadang caranya gak oke banget. Kaya aidan dan sophie sami mawon. Aku lagi doa juga mata aku tiba2 dibuka2 suruh udahan. Ga sopan bgt kaaaaan.. uuuhghh.. tapi mau marah lama2 jg ga bisaa.. nasib kita jd mama kayanya, restu (apa dewi ya?).. harus belajar sabar setiap hari. Perjuangan menjadi mama bijak. Hihihi..

        Suka

      2. HAHAHAHAHAHAH Sophiiee.. gue ngakak pas dipaksa buka matanya. Itu sama banggggeeett.. mataku dipaksa buka waktu aku nyuruh dia tidur siang zzzzzzz TT_______TT. IYaaa bener harus sabar, daaaaann pasang muka manis yang menungjang kesabaran.. Sabar, tapi cembetut (baca : gue), ya sam mawoon..

        Bebas panggil apaa ajaa, biasanya memang dewi sih..

        Suka

  3. bhahahaha Aidan! aduhhh aku pernah tuh liat ponakanku manjat mamanya pas lagi sholat. aku udah gemettttssss melotot-melotot tp kelar sholat emaknya sabar aja. apa krn ada aku ya jadi disabar2in…. kasian dong emaknya jadi gak bebas mengekspresikan perasaannya? #ndutykeBAPER 😆

    Suka

    1. hahahahha.. biasanya aku juga diam aja kok.. sabar2-in aja.. abis mau kayak apa diulang jugak.. ya maklum lagi pms hhhhrrrrgghh..

      wah salam buat saudaramu ta Tyk.. salam berpelukan ala teletubies..

      Suka

    1. ngajak baikkan, maksudnya maaah..

      iyaaap setau aku si rata2 begitu.. tp mungkin skg udah banyak yg pakai fasilitas playground gitu kali..
      hahhahahahahahahahaha.. embeeeer, iya jg yaa, nyolong start pinter duluan…

      Suka

  4. Yang lebih parah si Kayla dong…
    Kalo pulang sekolah, trus dia ngasih hasil ulangannya, dan aku udah hampir mau marah gitu….dia tiba-tiba beranjak ke kamar mandi dong…
    pas ditanya lagi ngapain…eh anaknya ngambil air wudhu gituh bhahahaha…
    Trus shalat nya lamaaaa, entahlah doa apa tuh anak…aku batal deh marahnya, males kelamaan nunggu soalnya bhahahaha…

    Suka

  5. Akuuu akuuuu baru baca ini loh! 😱😱😱. Ini pas lagi males2nya blogging pasti aku huahhahhaa. Sekarang semangatttt, ni aja sambil bediri nunggu tram di stop an yoosshh!

    Btw mbak, suatu hari di tahun lalu waktu aku nasih di Indo. Aku lagi Sholat trus di naikin arda dari blakang. Sampe akhirnya bediri dari sujud masih nemplok.. Trus anaknya merosot sendiri pas i’tidal 😂. Rasanya keseeeelll banget. Sampe kemudian Aku liat gambar ilustrasi tentang Ibu dan anak sholat bareng gitu deh.

    1. Ibu sholat “digangguin” anak.
    2. Ibu sholat anaknya lari2 di depannya.
    3. Ibu sholat digandulin anak dari blakang..

    Ibu diam saja dan sholat..

    4. Si anak yang sudah dewasa jadi imam ibunya.

    Nyesssss banget ya mbak, sejak saat itu aku gak pernah marah kalo diganduli arda 😂😂😂. Sampe pas udah di Oz ini arda pernah nggandulin aku dan dimarahi yudo.. Dan kukasih tau gambar ilustrasi itu dan yudo jg jd gak marah lagi (duo emak bapak doyan marah).

    Semoga Aidan sama Arda nanti jadi imam buat Keluarga kita dan keluarga mereka nanti yaaaa. Aamiin 😊😊😊

    Suka

    1. HUAHAHAHHAHAHHA ARDAAA.. merosot pas I’tidal itu Arda dan Aidan banget yaaaa huahuahauhauhaua.. Iyaaa, akupun kalau marah kan mukanya kenceng kayak abis suntuk botok.. itu aja anakku merasa bsalah.. Apalagi dulu pernah dibentak bapaknya karena gangguin sholat *biasa, masa kegelapan*..

      Ish, bener bangetttttttttt.. duh makasih Dil udah diingetin, yang kayak gini ini sering lupa kalau udah praktek

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s