Antarlah Daku, Kau Kutinggal..

https://i2.wp.com/ak-hdl.buzzfed.com/static/enhanced/webdr05/2013/5/30/18/anigif_enhanced-buzz-23244-1369954558-1.gif
.. halo semuwah! ada keriaan apa di sini?…

Kali ini gue bercerita tentang kakak ipar dan supir mertua gue.

Mami Ade. Beliau adalah istri dari kakak suamik. Gue memanggil beliau dengan Mami Ade atau Wodank Ade. Wodank dalam bahasa Lampung berarti panggilan untuk anak sulung perempuan.

Pak Tam.. Nama Lengkap Tamrin, bukan Tamara. Beliau adalah asisten driver yang sudah bertahun-tahun bekerja di rumah mama mertua.

***

Pak Tamrin ini memiliki satu kebiasaan yang selalu tercantum dalam kolom-kolom CV yaitu “Inisiatif, aktif dan proaktif, aspiratif, radioaktif, representatif”, pokoknya yang belakangnya ada tif tifnya deh… Inisiatif seperti apa? Biasanya sih kalau nyupir, beliau sering mengambil jalan dengan pertimbangan sendiri.. Oh apakah melihat apps. Waze dan Google map? Ya nggak laaah cuy, hidup handphone poliklinik eh poliponic..

Hanya inisiatif memilih jalan itu berbuntut dengan terjebak kemacetan atau menempuh rute yang lebih jauh untuk sampai ke tujuan.. Untungnya Pak Tamrin ini sudah seperti keluarga sendiri, jadi namanya keluarga.. kalaupun ada kalanya sebel, tapi nggak pernah jadi satu masalah yang besar..

Nah dalam cerita kali ini gue bercerita tentang salah satu inisiatif pak Tamrin.

***

Hari itu ketika Wakunmer alias waktu kunjung mertua, gue berencana untuk pergi ke suatu tempat.. Kalau tidak salah, gue mau ke Pancoran..Kebetulan Pak Tamrin akan mengantar Mami Ade ke kantornya di bilangan Kemang, jadi demi memperlancar semua urusan, gue mau nebeng ajuah..

Mami Ade : ” Pak Tamrin, nanti saya dianterin ke ATM dulu ya Pak..”

Tamrin      : “Iya bu..”

Beberapa menit kemudian, sembari gue dan Mami Ade ber-was wes wos was wes wos.. bablas angine, sampailah Pak Tamrin di ruko tempat lokasi ATM berada. Letak ruko itu sebenarnya tidak begitu jauh dari kantor Mami Ade, tapi kalau jalan kaki ya rada males aja..

Begitu tiba di tujuan, wanita cantik ini langsung turun dan meninggalkan tas kantornya di kursi mobil..

Gue masih gedabrukan di mobil dengan Aidan, ketika gue menyadari Pak Tamrin menjalankan mobilnya..

” Ah paling cuma muter balik..”.

Pasti pak Tam ‘hanya’ mutar balik membetulkan posisi parkirnya supaya bisa menghadap jalanan. Sehingga ketika mami Ade selesai dengan transaksinya, mobil bisa langsung tancap gas.. Gue pikir, Pak Tamrin ini mirip-mirip sama Pak Ra’uf, sang asisten driver kakak ipar gue ketika gue salah masuk mobil. 

Sambil masih repot dengan anak di dalam mobil, sesekali gue melihat ke arah luar jendela dan mengamati kondisi jalanan yang ada. “Kok muter balik jauh amat..” pikir gue.

Iya dong, kalau hanya mencari posisi parkir, nggak perlu harus keluar jalan raya. Ada lahan parkir kosong dikit, mundur, maju, muter balik, rapikan posisi sedikit kanan dan kiri, udah deh menunggu dengan manis. .

Tapi ini si Pak Tamrin sudah melaju mantap di jalan raya..

Oh! Mungkin dia harus ke suatu tempat. Mungkin ada barang barang titipan mama mertua atau kakak ipar gue yang harus diambil. Gak mungkin Mami Ade ditinggal, nggak mungkin itu.

Gue memanggil Pak Tamrin..

Gue              : ” Pak Tam..”

Pak Tamrin  : ” Ya mba..”

Gue              : ” Emm.. kalau ada sumur di ladang boleh kita menumpang mandi..”

Pak Tamrin  : ” Kalau ada umur panjang boleh kita berjumpa lagi kan mbak?”

Gue              : ” Yakaliiikdaah pak mau mandi di ladang. Nanti bisa diintip, yo isiiin.”

Nggak deeeeng..

.. maklum yang nulis lagi kayak jemuran kerupuk lupa diangkut. Garing.. Baca blog mah dibawa santai aja, serius itu kalau lagi baca struk belanja bulanan. Oke?

Gue              : ”  Pak Tam..”

Pak Tamrin  : ” Apalagi mbak?”

Gue             : ” Empat kali empat enam belas..” *belum kapok*

Pak Tamrin  : ” Saya tahu! Artinya, sempat nggak sempat harap dibalas ya mbak?”

Gue             : “Lima kali lima dua puluh lima. Enam dikali enam tiga puluh enam. Eh, saya masih ingat perkalian jaman SD paaaak!!”

.. pak Tam, langsung memberikan tatapan ‘apakah kamu kacang’? (baca: are you nuts?)

….

Sebelum gue dicekek sama pak Tamrin dan para pembaca. gue sudah kembali ke jalan yang benar kok. Jalan yang sesuai dengan garis besar haluan negara, kalau lupak, itu namanya GBHN.

Nah yang sesungguhnya terjadi adalah..

Gue              : ” Pak, mau lewat mana? Ngga mutar balik?”

Pak Tamrin  : ” Macet mbak..”

Gue              : ” Ouuw.. Ini jalannya nggak kejauhan, pak?”

Pak Tamrin  : ” Saya lewat jalan potong mbak.”

Nyari jalan potong ke mane?Jauh aja.. Apalagi Pak Tamrin mengambil jalan di pedalaman perumahan Kemang sana..

Gue memandang tas Mami Ade yang teronggok nelongso.. Akhirnya (lama amat), gue mulai khawatir.

Gue              : ” Pak Tam, Bu Ade gimana?”

Pak Tamrin  : ” Sudah biasa kok mbak. Kalau hanya ngambil ATM saya langsung tinggal aja. Nanti, Bu Ade lanjut jalan kaki ke kantor.”

Ketika sudah semakin menjauh dari Kemang, gue baru sadar bahwa Mami Ade bener-bener ketinggalan di ATM. Sungguh, di cerita ini, gue sama sekali tidak membantu nasib kakak ipar gue. Maafkan mamiiihh..

Gue            : ” Paak.. Ini tasnya Bu Ade masih di mobil.. Jangan-jangan bu Ade masih nungguin kita di ATM pak.. ”

Pak Tamrin : ” Nanti bu Ade jalan ka…. HAAAAHHH!!” *panik langsung noleh ke belakang*

NAAAH KAAAAN!! Gue whatssap mami ade :

Gue               : “Mamiiii.. Pak Tamrin ninggalin mami ya Ade yaaa..”

Mami Ade    : ” Emang Ini pada di manaaa?”

Bersamaan dengan itu telpon pak Tamrin berdering..

Mami Ade      : ” Pak di mana? Kok lama amat?”

Pak Tamrin   : ” Errrrr.. ini sudah di pejaten bu..”

Mami Ade      : “Laaaaah, jadi saya ditinggaal? Kan tas saya masih di mobil.. Hadeeeh..”

https://i0.wp.com/img.youtube.com/vi/q1_AY1R7DmU/hqdefault.jpg
Langsung nyanyik.. * Tak bisakaah kau menungguku, hingga nanti tetap menunggu..*

***

Beberapa bulan kemudian..

Pada suatu hari yang macet di Jakarta, Pak Tamrin menjalankan rutinitas hariannya menjemput keponakan gue, anaknya Mami Ade.. Tidak biasanya, hari itu Mami Ade ikut menjemput putranya.

Dan kebetulan Mami Ade ada keperluan ke ATM. Maka meluncurlah mereka ke gerai Indomaret terdekat. Keponakan, memiliki kemiripan dengan anak gue, tidak bisa melihat ada Indomaret nganggur langsung ikut menghambur ke dalam..

Setelah membeli snack si bocah, sang anak kembali ke mobil dan menunggu bersama Pak Tamrin, sementara Mami Ade menunggu giliran di depan mesin ATM..

Beberapa menit kemudian Mami Ade ke luar dan mendapati mobilnya sudah tidak ada di tempat parkir..

Haadoooh…

Semoga apa yang ada di pikiran Mami Ade tidak menjadi kenyataan. Mami Ade menelpon pak supir yang sedang bekerja mengendali mobil supaya baik jalannya..

…Hey! Tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk.. *yang membaca kalimat ini sambil nyanyi, anggap aja itu bunyi deringan panggilan telepon di handphone Pak Tamrin*.

…Dan tentu saja nggak diangkat-angkat..

Di mobil, Pak Tamrin dengan ketenangan jiwa dan keklimisan rambutnya berjalan pulang ke rumah.. Sambil menyupir bahagia, diiringi suara anak kecil yang sedang ngemil, Pak Tamrin sibuk melamun dengan pikirannya sendiri.

Kemudian ada missed call. Kok dari bos wanitanya?

” Ngapain bu Ade nelpon?.. Wong  sama-sama sudah di dalam mobil.”…

…telpon kembali menjerit-jerit…TELEEPOONN.. TELEPOOONN..KERIING KERIIING!! *iyain aja, bayangkan kalau si hp bersuara..*

Pak Tam : “Bu Ade ada nel..??”

…menengok ke belakang…

Hah? Bubos gak ada? kok cuma ada si anak yang lagi menatap balik sambil makan kripik?

Pak Tamrin   : ” Loh dek, mami mana? Bu Ade hilang di mana?”

Si anak         : ” Mamii nggak ada…”

Pa Tamrin    : *langsung menyambar handphone* “Bu Ade kok nggak ada di mobil?”

Mami Ade     : ” MASIH DI ATM YANG TADI PAAAKKAK.. INI PAK TAMRIN NINGGALIN SAYA LAGI!!”

running duck gif
.. tunggu Bu Adeee.. saya segera datang!!..
https://sociorocketnewsen.files.wordpress.com/2015/01/maru10.jpg?w=580&h=326
… auk ah, Pak..

***

BAHAHAHHAHAHAHAAA..

Gue yang diceritakan? Tentu saja tertawa berbahagia di atas kesebelan kakak iparku. Iya, ATM lagi, ATM lagi.. Mamiiih, kenapa dari sekian banyak orang yang sering diantar Pak Tamrin, hanya dirimu yang sering ‘ketinggalan’?

Demikianlah cerita tentang in love and hate relationship antara iparku dan asisten driver Mamma mertua. Semoga ke depannya tidak ada lagi cerita segitiga antara pak Tamrin-ATM-dan Mami Ade..

bersama-indri-01.jpeg.jpg
.. perkenalkan, Mami Adekuuu..

wp-1464277115201.jpg

cr. pic dari sini dan ini

Iklan

20 pemikiran pada “Antarlah Daku, Kau Kutinggal..

    1. Ah.. itu hanya perasaan dek Nana aja, biasanya kami selalu serius membaca gejolak dan peta politik Indonesia (lalu dipersempit ke hosip org2 yg gosippable).

      Nggak sepuh sih, tapi aku tanyain lagi.. sekitar 45an gitu klo gak salah..

      Suka

  1. Ping-balik: Cari ke mana lagi? | Jerapah Keriting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s