Day 14. If you were only allowed to watch one movie for the rest of your life, what movie would it be and why?

Sebagai penggemar drama dan film Korea bangkotan, jika disuruh memilih satu film untuk ditonton seumur hidup, maka gue akan memilih..

.. paling film Korea lagi..

Salah.

.. gue memilih..

film India. 

film India?

Iyaap.. dan film itu adalah..

3 IDIOTS..

Plot singkat : 

Film ini bercerita tentang persahabatan 3 orang mahasiswa Farhan, Raju, dan Ranchoo (tokoh utama) yang kuliah di salah satu Universitas ternama India yang dijalankan secara orthodox oleh Profesor Virus.. Dan selanjutnya kita akan disuguhkan bagaimana kekonyolan dan keharuan berbaur menjadi satu dalam perjalanan mereka mencari arti kebahagiaan hidup.

Kok bisa?

Padahal gue paling tidak tahan melihat sinetron India. Entah kenapa, apalagi yang episodenya panjang nggak kelar-kelar.. Mungkin ini yang disebut Raam Punjabi effect.. Akibat sinetron Indonesia setitik, rusak serial India sepanjang episode.

Tapi berbeda dengan film ini.

Gue ingat, pertama kali nonton ketika sedang hamil besar pada tahun 2010. Hari itu gue bersama dua kolega kantor gue kabur pada jam makan siang ke Blitz Pacific Place nonton film ini.. Dan kalau gue boleh bilang, itu adalah 3 jam terbaik dalam hidupku, karena filmnya BAAAAH… GHHUUUS BANGET!!

Lucuunya parah, tapi juga sekaligus sangat mengharukan.. Kami bisa tertawa terpingkal-pingkal sampai perut gue yang sudah mirip bola dunia berguncang-guncang dibuatnya.. Tapi, setelah itu, dengan alur yang cepat, emosi gue pun diaduk-aduuknya. Nangisss lagi.. Yaiyaaaaa..

Oh, dan biasanya gue dan suamik mempunyai selera yang berbeda.. Kalau film Hollywood, gue lebih suka film bergenre romantis comedy atau thriller, tergantung siapa yang main.. Sementara suamik, rata-rata film favoritnya adalah khas laki-laki. Mana suamik demen banget sama Nicholas Cage, pulak.. aah elah, jauh banget deh seleranya..

Perkecualian untuk film 3 Idiots. Gue rasa hanya film India ini, yang mampu menyatukan kami berdua. Mau diulang berapa kali pun, tetap kita berdua dibuat ngakak-ngakak sepanjang filmya..

***

Enihhhhveii..

Sekarang gue mau nambahin. Sepanjang sejarah blog ini gue tulis, hampir sebagian besar postingannya bercerita tentang drama atau film Korea. Maka rasanya kurang lengkap kalau gue tidak menambahkan satu kategori untuk serial paling favorit.

Jadi seandainya hanya diijinkan menonton satu serial sepanjang hidup. Seperti, Joice, gue akan menjatuhkan pilihan pada drama ini.

REPLY 1988

Plot singkat : 

Mengambil latar belakang Seoul pada tahun 1988. Bercerita tentang kehidupan beberapa keluarga yang tinggal bertetangga di wilayah Ssamundong Seoul dan anak-anaknya yang sudah bersahabat sejak kecil.

Trailer

Selain Signal, DoTS dan Goblin, Rasanya Reply 1988 adalah drama terbaiiiikk sepanjang masa gue menonton serial Korea.. Belum pernah gue menemukan drama  Korea dengan unsur yang lengkap dan ‘kaya’ seperti drama ini.

Ada beberapa hal yang membuat gue jatuh cinta dengan serial Reply 1988…

  1. Nostalgia. Apa sih yang tidak membuat kita jatuh cinta selain kenangan tentang masa lalu. Masa-masa kehidupan masih terasa sederhana. Gue seperti dibawa menyaksikan kembali era-era drama keluarga di TVRI, seperti Rumah Masa Depan, Jendela Rumah Kita.. Rasa-rasanya pada saat itu sinetron Indonesia lebih berkualitas yah.. sebelum datang era sinetron ala-ala drama India itu. Hih.
  2. Sederhana. Ceritanya realistis. Nggak ada kisah cinta ala si kaya dan si miskin. Kalau miskin, ya miskin aja.. nggak mungkin si miskin ini cantik dan punya hp model terbaru. Begitu sederhananya sampai-sampai problematika yang dihadapi pun terasa relate dengan kehidupan kita sehari-hari. Rambut perming para Ibu-Ibu? Nah, aselinya sama banget seperti rambut Ibuku pada kala itu..
  3. Cinta dan Persahabatan. Cinta yang dimaksud tidak hanya berfokus pada dua tokoh utama saja, tapi kisah cinta dan persahabatan di sini sangat komplit. Cinta dan kasih sayang orang tua, cinta pada sahabat, sayang ke saudara, dan satu yang jarang dijumpai saat-saat ini.. rasa kasih sayang antar tetangga. Ah, hatiku hangaat…
  4. Manis Gula Jawa, Habis Nangis Ketawa. Sepertinya moto ini akan selalu gue sematkan selama gue menonton setiap episodenya..

Demikian postingan ini selesai dibuat.

Gue baru sadar apa yang menjadi pertimbangan utama gue untuk menyukai suatu film atau serial. Yang pasti film itu harus bergenre drama komedi dan tema yang diangkat tentang persahabatan dan keluarga..

Oke. Sekian hari ini. Selamat bermalam Jumaaat…

Iklan

27 pemikiran pada “Day 14. If you were only allowed to watch one movie for the rest of your life, what movie would it be and why?

  1. Sayangnya 3 idiots aku lum nonton, tp film india kesukaan aku sih Slamdog Millionaire, alur ceritanya keren dan joget2 indianya cuma ada di akhir cerita doang. Eiya itu reply 1988 banyak bgt yg review blg bgus, ahhh siap2 download!! 💪💪

    Suka

    1. Nonton deh Nis.. Menurut aku jauuuh lebih bagus dari Slumdog Millionare. Padahal aku juga suka Slumdog loh..Walaupun itu film India dengan cita rasa barat.. Thanks to Danny Boyle jadi bisa masuk Oscar..
      .
      Iya Reply 1988 baguuuus banget.. selamat download

      Suka

  2. (((AKIBAT SINETRON INDONESIA SETITIK, RUSAK SERIAL INDIA SEPANJANG EPISODE))) bahaaangkeeee hahahaha :))))). Udah bikin buku gih! Gemes aku *ngakak di tram*

    Yes, ini film emang bagus buangetttt ngettt ya mbaaak.. Amir khan (rancho) emang juara mbak kalo bikin film, jadi inget ada draft mangkrak entah tulisan taun brapa tentang film2 nya amir. Yang PK udah nonton?

    Btw aku juga dulu nonton di Blitz PP, jangan2 samaan ya lagi bolos ngakunya ke group M? Eaaaa…

    Terus kemarin2 ada keributan lho di timeline twider, gara2nya ada penikmat drakor senior (alahhh) yang bikin statement kalo ada pecinta drakor yg nulis reply1998 (eh apa tadi judulnya?) atau goblin sebagai 5 top drakor pilihan berarti newbie! Pada kebakaran tuh anak2 drakoooorrr.. dih panjang amat komennya :))

    Suka

    1. Hhahhahaha udah Dil, bikin buku tabungan, tapinya hahahha..

      Iyaaaaa bagus banget ya Dil.. nggak ngerti banget deh sama Amir Khan ini.. aku baru sadar film2-nya bagus-bagus banget.. Belooooomm aku belum nonton PK.. Kamu udah? PK belum nonton, sudah keluar Dangal.. Kayaknya emang bener kita harus bikin tulisan tribute to Amir Khan..

      Eh eh.. kamu nonton sama siapa hahahhaha.. emang ya, Grup M adalah tempat berlabuh kalau mau buat alasan kabur..
      .
      Oh ya? timeline twitterku kok biasa-biasa aja (ketahuan kurang melebar range followingnya).. Lah, kalau Reply 1988 sama Goblin bukan top Drakor, trus harus drakor yang seperti apa yang mau lebih bagus lagi? Ada yg lebih bagus dari 2 ini? Jelas-jelas sejak jaman orok sudah nonton Endless Love, drakor2 yg bagus ya baru di tahun 2016 kemarin hhahhahaha.. Malah jadi kepo.

      Disukai oleh 1 orang

      1. Wajib tonton PK ya mbak, hayyyyu donlooottt.. nangis2 juga deh ntar hihihi. Dangal aku udah tau tapi belom nonton, bagus juga yak iniiih. Aku nonton sama pacarku dongs ahhh… eaaaa.

        Iya si chachathaib bikin list 5 top drakor, terus ada orang ngetroll gitu.. ceritanya orang ini (akunnya namanya @riki*an –ilangin bintangnya) adalah anak drakor senior.. gih ceki2. Buat Jo jugaaaa, nihhh gw bisikin buat kalian para anak drakor. Sampe dibilang kemarin itu bukan twitwar tapi drakorwar 😂😂😂

        Suka

      2. Oalaah hahahhaha asyik lah ama pacar nonton 3 Idiots di bioskop.. masku pada saat itu, mana mauuu..
        .
        Ini baru mau nonton PK.. tapi baru awal2.. PK sudah lebih box office dari 3 Idiots, ini ada lagi Dangal lebih box office.. HUWAAAA..
        .
        Wakakak.. makasih infonyaaa DIill.. sudah lama nggak lihat drama (di media sosial)

        Disukai oleh 1 orang

      3. Aku nggak nangis nonton PK.. aaaahh mungkin karena dulu beberapa kali udah dispoiler sana sini .. jd dah banyak tahu scenenya.. dan yg epik Aidan dong, dia nanya pas ada adegan PK ngambil baju ” Itu kenapa mobilnya kok bisa goyang-goyang? :)))))))”

        Disukai oleh 1 orang

    2. Setuju ama dila wi…PK.itu bagusss banget juga…banyak message terselubung tentang manusa dan Tuhannya…isss keren deh…

      Dan yaaa 3 idiots is one of my fav movie too…senang ya ada film yang bagus banget gini..kayak bisa bikin kita manggut2 setuju.

      Ahhh reply 1988 memang warbiyasakkkkk

      Dilla: mau donk bisikin akun yg twitwar ttg drakor itu…aslikkk sepa banget yee…dia ga tau ada suhu drakor dimari yg udah ntn korea dari jaman endless love…lah emang Reply 1988 yamg so far kerennya kebangetan… hahaha fanassss gue wii 😂

      Disukai oleh 1 orang

      1. Udah gw bisikin Jooo yang drakorwar di balesan komen dewichan hihihi. Eh Jo, kudu nonton Taare Zameen Par, filmnya Amir Khan tahun 2007 ttg dia jadi seorang guru dan ada muridnya yang dysleksia.. wajib tonton kalo belom, karena relate juga dengan dirimu as a teacher, Jooo. Uuhh nangis2 deh :'((((. Keren deh Amir khan! ❤️❤️

        Disukai oleh 1 orang

      2. Aku baru mulai nonton PK sama masku.. baru awal-awal nih.. Emang yah Amir Khan ini luar biasa kerennya.. film-filmnya selalu box office dan sarat pesan kritis.. kapan tahu pengen buat tulisannya deh.
        .
        yoiii.. nggak tau doi, sejak jaman gue masih MPASI sudah nonton Endless Lovee (kalau, mau korupsi umur, jangan tangguuuung bunee)
        .

        Suka

  3. akupun sukaaa huhuuh kok sama mba wi aku liat 3 idiot pas hamil juga tapi tahun 2013 hihih udah ketinggalan banget di donlotin ama adekku aku jd mikir aku mau bgt anakku sekolah di tempat kaya punya si ranchoo tapiii tapiii tapii klo misalnya tiba2 anakku bilang mau ambil jurusan sekece fashion design pun aq pasti galauuu akut “emang yakin berbakat bgt” gmn kalo gimana kalo atau tiba2 dia blg mau jadi dancer atau musisi pro pun kayaknya aku belom sanggup merestui hahhahah *labil gimana yah pokoknya gt *lahhh … btw reply 1988 ini mengaduk2 emosi banget huhuhuh ah pokoknya speechless lah klo ngomongiin ini . fave aku n adekku juga banyak scene2 yang kita banget macam syndrome anak ke dua yg dirasain duksun kata adekku itu dia banget sellau suruh ngalah dr aq n adek bontot hihihih pas bapaknya pensiun n ga dpt “apa apa”dr kantor mereka bikin piagam itu bapakku bgt dan waktu itu kita juga kaya gt sedih2 an hikzzzz kisah cintanya juga yah ah sudahlah tim junghwan masih baper hahhaha btw mba paling ga tahan adegan mobil2 mereka pindah ngangkutin barang2 itu huhuuh aku nangis kejer hatiku sakit kaya pisah bneran kaya pindah ninggalin lingkungan enak bneran hahahhaah tapii klo disuruh nonton ulang aku gamau karena sakit mulu hatiku hahhahaha *lemah

    Suka

    1. Iyaaa bagus banget ya 3 Idiots itu.. Bener-bener membuka mata banget tentang definisi pendidikan ya mba Din.. Selama itu passion, maka kejar terus.. Sama, akupun begitu.. banyak sih harapan buat anak.. tapi bagaimana caranya menemukan bakat dan passionnya itu yg masih menjadi pe-er jadi ortu huhu..

      Aduh.. nggak ada selesai2-nya bahas Reply.. Iya, akupun relate banget sama Deok Sun.. karena sama-sama anak tengah, adik bungsu cowok kesayangan pulak.. persis banget deh aku sama dia.. Dan aku bener-bener suka banget loh sama hubungan orang-orang dewasa di serial ini.. jauh lebih menarik daripada, misalnya, hanya fokus ke romansa si tokoh utama.. Ah, tapi sukaaa semuaaaaa.. Harus makasi banget ama Joice nih..

      Suka

  4. saya suka..saya suka..nonton 3 idiots keknya satu2nya film india yang ku suka..sampe lagunya terngiang ngiang

    “Give me some sunshine
    Give me some rain
    Give me another chance
    I wanna grow up once again”

    dan reply 1988..doh..aku masih tersayat mengingat Junghwan yang cintanya terhalang lampu merah..demyulampumerah..

    Suka

    1. IYaaa.. 3 Idiots ini memang satu-satunya film India yang aku suka.. suka semua mulai dari aktor, scenery sampai lagu-lagunya.. hahahaha dirimu hapal ya mba Pipit.. Ini aku jg muter di youtube.. bagus2 bangeeeet..

      Suka

    1. Mba El belum nonton 3 Idiots.. disempatin mba.. aseliiii bagus banget. Nggak nyesel aku jamin itu jd 3 jam terbaik dalam hidup deh (lebat, tp emang iya haha).. Amir Khan ini semacam jaminan mutu utk film-film bagus.. dan yg aku suka tema-temanya itu loh.. Kritis banget.

      Suka

  5. Iyah 3idiots bagus banget,,udh lama bgt nnt’nya
    Film yg bkin ketawa sekaligus nangis,dr awal smpe akhir seru,,
    PK juga bagus,cuma pas bagian2 dah mau akhir agak2 sedikit membosankan, tp overall bagus sih, layak tonton,,ada lucu,ada haru,,
    Eh film india life of Pi juga bagus, mba Dew udh nnt?

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya mba Yuvi 3idiots bagus banget.. semua dapat.. ya aktor2nya, aktingnya, persahabatannya, valuenya, lagu2nya, pemandangannya, skenarionya.. keren..
      .
      P.K udah.. sepanjang film aku cuma ngilu lihat mata melototnya Amir Khan.
      .
      Life of Pi sudah.. baguusss jg, dan banyak makna dan simbol2 yg tersirat.. tp ya gitu, yg penting buat aku harus ada komedinya hahahaha

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s