Nguping Ibuk #10

Jumpa lagi dengan cerita-cerita seputar Ibuku. Wuooooww ngobrolnya sudah sampai episode #10.. Sungguh aku merasa istiqomah..

Jadi supaya tidak berlama-lama, begini kelanjutan ceritanya Ibuku…

  • Idul Adha waktu Indonesia bagian Rusia

Sedang membahas tentang rencana Idul Adha.

Gue : “Nanti Kunto kurban di mana Buk?”

Ibuk : “Di Yogya bareng Ibuk sama mba Rini..”

Gue : “La Mbak Santi? (mba Santi ini, kakak gue yang pertama.. red). Biasanya kan kurbannya di tempat mba Santi..”

Ibuk : “Mbakmu mau qurbannya ke Rusia..”

Gue : ” HHAAAAAAH???”

Ibuk : “Iya..”

Gue : “Mau ngapain? Kok sampai Rusia?”

Ibuk :Mbuh kuik.. Nyumbang kok adoh men.”

Gue bengong.. Serius, gue bener-bener mangap dengar cerita Ibuk. Kakak gue kesambet apa kok tiba-tiba mau potong kambing sampai Rusia. Rusiaaa? Nggak sekalian antartika? “Emang di Rusia ada Idul Adha Buk?”

Ibuk : “Katanya mau sedekah untuk yang lagi perang itu.. ”

Gue : *trriiingg!!* ” Ealaaaah, bukan rusia buk.. itu Suriah.”

  • Ibuku dan handphone barunya I..

Ibuk baru saja membeli handphone baru.

Ibuk : ” Aku sudah punya handphone baru.. Pokoknya buat foto hasilnya buuuwaagus.”

Gue : ” Weiiitssss, mantap. Merk handphonenya apa Buk?

Ibuk : ” SMARTPHONE!!”

… lalu aku merasa sungguuuh…

  • Ibuku dan handphone barunya II

Biasanya Ibuk paling semangat kalau melakukan video call dengan gue dan Aidan.. Dan dari semua kegiatan video call tersebut, satu dua menit pertama, kami cuma cekikikan sambil mentertawakan wajah lawan bicara yang “sudahnya close up, jelek pulak.”

Awal bulan lalu, ada tugas sekolah Aidan untuk mengumpulkan foto-foto anggota keluarga besarnya. Dan hari itu, gue sedang meminta foto terbarunya Ibuk..

Gue : “Ibuk kirimin fotonya Ibuk.. buat tugas sekolah Aidan..”

Ibuk : “Oh.. ermmmm… mmm.. foto? Foto siapa? Oh.. mmm anu’.. foto Ibuk ya?”

Ibuk mesam-mesem sambil membetulkan letak anak rambutnya.. Ada apalagi dengan emak gue? Kenapa tiba-tiba jadi anggun, lembut dan bijaksana?

Gue : “Buk.. Ibuk ngapain dandan? Ada siapa?”

Ibuk : “Haa.. Apa Wik? Tamu? Nggak. Nggak aku nggak dandan kok..” Sambil membetulkan rambut Ibuk, yang digimanain juga, tetep aja balik ikal lagi..

Gue : “Tumbeennnn.. Eh ntarduluk. Ini Ibuk di mana?”. Biasanya latar belakang Ibuk adalah dinding rumah, sofa, atau kasur yang tergeletak manis di ruang tamu. Kali ini beda. Kok cerah sekali? Kok ada pohon mangga? Loh, kok di teras?

Gue : “Buk? Ibuk ngapain video call di bawah pohon manggaaaa?”

Ibuk : “Aaah.. Enggak.. Ini nggak ngapa-ngapaaaiin kok. Ssssstt.. jangan keras-keraaas!!”

Gue : “CIYEEEE… TELPONNYA DI TERASS.. BIAR DILIHAT TETANGGAAA NIHYEEE!”

… lalu Ibuk matiin telpon..

 

  • Ibuku dan handphone barunya III

Tidak lama setelah itu…

Ibuk : “Ibuk mana fotonya?”

Kemudian masuk di whatssap gue foto Ibuk yang mengenakan kacamatahitam, rambut disisihkan ke samping.. dan sedang bergaya ala Kristen Stewart.

Gue : ” Buk, ini buat tugas sekolah.. Hamoosok neneknya Aidan bergaya pakai kacamata item ginii..”

Ibuk : ” Udah yang itu aja..”

Gue : “ Buk, Nenek-neneknya pada pakai jilbab… ”

Ibuk : ” Udah, itu ajaa..”

Gue : ” Tapi buk, mana adaa.. Kan Ibuk nenek-nen..”

Ibuk : ” POKOKNYA FOTOKU YANG ITU AJAH!”

cepklakep..

Apakah foto itu yang gue sertakan ke tugas anak gue? Yohoraak. Yang ada nanti lebih dikira gue yang jadi neneknya daripada Ibuk..

  • Ibuku dan handphone barunya IV.

Hari itu Ibuk tampak berjoged-joged bahagia.

Gue : “Ngapain nari-nari Buk?” *bengong*

Ibuk : ” Punya tongsis! Aku punya tongsis.. Punya tongsis! Aku punya tongsis..” *begitu terus diulang sebanyak 8263418754 kali*

Ibu berputar, menari keliling rumah sambil memegang tongsis.

Yongalah, kui mbokke sopooo kuii..

 

  • Ibuku dan handphone barunya V

Masih asyik menari dengan tongsis barunya, tiba-tiba datang mba ART ikutan nimbrung..

mba ART : ” Itu apa buk?”

Ibuk : ” Tongsis..”

mba ART : ” Tongkat buat apaan buk?”

Ibuk : ” Ya buat foto-foto laaah..”

mba ART : ” Oh, saya kira buat gebukin maling. Hampir mau saya simpan di dapur..”

Ibuk : ” HEEEH!!!”

  • Mungkin udangnya berbunga..

Suatu hari gue mengabarkan ke Ibuk bahwa suamik akan berangkat ke Papua. Ibuk, seperti biasa, mengucapkan kalimat khas netizen Indonesia… “Jangan lupa oleh-olehnya yaaa..”

Gue : “Mau dibawain udang buk?”

Ibuk : “Oh mau aku. Udang.. emm.. Udang apa itu?

Gue : “Udang Windu?”

Ibuk : “Bukan. Yang besar apa tuh namanya..”

Gue : “Udang Galah?”

Ibuk : “Aah iya, udang aster..”

Gue : “Aster? Bunga?”

Ibuk : ” Udang yang gueeedhiii itu lo. Udang Aster to?”

Gue : “Ealaaah Lobster, Buk..”

  • Hotel untuk orang tua?

Ketika kami melewati daerah ancol, Ibuk sibuk mencari keberadaan hotel yang sedang menjadi buah bibir akhir-akhir ini.

Ibuk : ” Mana itu Wik, hotel Lansia?”

Gue : ” Haa? Lansia? Hotel khusus kakek nenek?”

Ibuk : ” Bukaaan.. itu loh, hotel yang ditutup Anies Baswedan. Hotel Lansia?

Gue : “Hotel Alexis.. bu, bukan Lansia..”

.. jauh beneeer..

 

  • Ibuk dan Selebriti 1

Hari itu gue dan Ibuk sedang jalan-jalan ke PIM. Tiba di lantai dasar, di antara kotak-kotak sale Metro dan deretan baju-baju yang digantung, gue melihat ada penampakan keluarga artis. Artis terkenal Ibukota, katanya..

Tampak di hadapan gue, keluarga salah satu selebriti pria yang pernah digosipkan tercyduk sedang liburan bareng teman seprofesinya ke Belanda. Kita sebut saja Rapi Amat *dijelaskan*.

Kami sedang menuju lobi. Dan di tengah perjalanan, kami bersirobok dengan keluarga artis ini. Wajah sang Ibunda tampak putih, kinclong dan cantik. Tapi, cantiknya agak gimanaa gitu. Kaku mirip kanebo kuning kering yang nggak pernah dipakai. Kayaknya buat ketawa saja sulit, gimana waktu dia lagi ngeden ya?

Tidak hanya si Ibuk, berdiri di dekatnya, ada si adik perempuan.. yang ketika gue berjalan mendekatinya.. dia sedang dikagetkan oleh seorang pria, ~~kayaknya sih pacarnya~~. Pokoknya mba dan mas ini nyadar kalau sedang diperhatikan para pengunjung, jadinya mereka bercanda mesra, lari-larian dan saling gebuk-gebuk manja di tengah lobi. HHHHH…

Rasanya pengen gue kagetin mereka terus bilang “CILUK BAKEKKOOOK…!!”

Gue hanya melirik sekilas sambil melenggang nggak-cantik-cantik-amat. Pokoknya, terserah you mau berakting gimana, I tidak peduli dengan keartisan kalian.

Tapi ada satu fakta yang terlupakan. Gue. Lupa. Ada. Ibuk.

Ibuk berjalan di belakang gue. Ketika kami berada di dekat mereka.. yang mana TENTOE SADJA sudah pasti berada dalam jarak pendengaran sang artis, Ibuk memanggil namaku…

Ibuk : “WIik… Wiikk.. Ada artis Wi..”

Gue : *haduuuh* ” Haa? Artis siapa?” pura-pura tak peduli*

Ibuk : “Eh.. iyaa loh.. ada artis. Itu Syahnaz wi.. Syahnazz..”

Gue Β  : *bisik-bisik* “Ibuk.. jangan kenceng-kenceng dong.. Maluu”

Gue berusaha keras tidak mendengar kalimat Ibuku.

Langkah kaki makin kupercepat. Sayangnya, semakin gue pura-pura congek, volume suara Ibuk pun makin kencang..

Ibuk : “Itu looh,Β delok’eeen.. Itu, lihat to.. Ada Syahnaz loh, WIi.. ADA SHANAAZ AMA IBUNYA WII..”

Gue : *pura-pura tidak kenal Ibuk*

Ibuk : “ADA SHANAAAZ ADEKNYA RAPI AMAT WII!!”

Begitu terus sampai kami menghilang di balik tiang beton lobi.

  • Ibuk dan Selebriti 2

Belum selesai dengan cerita Ibuk dan selebriti.

Pada hari minggu yang mendung, Ibuk ingin main ke Car Free Day.

Sambil berjalan-jalan mencari jajanan, kami melihat ada seorang pria dengan rambut yang diukir-ukir, sedang sibuk berfoto-foto dengan orang-orang..

Ibuk : “WI, ada artis Wi..”

Gue : ” Ha, mana?”

Ibuk : “Itu.. Itu kan artis kan?”

Gue : “Nggak tahu. Emang itu artis?”

Ibuk : “Masak kamu nggak tahu siih?”

Gue : “Lah, emang aku ngga tahu..”

Ibuk : “Iya, itu artis. Itu artis kan?

Gue :Yambuuuh bu..”

Ibuk : ” Fotoin aku WI.. Tapi dia siapa namanya? Kamu tahu nggak?”

Gue : ” Buuuk.. Aku aja nggak tahu kalau dia artis, apalagi namanya Buuukk.. ”

Sudahlahya.. daripada kami berdebat tanpa ada ujung, ketika kami berada di dekat pria itu, gue meminta ijin padanya..

Gue : “Om.. Permisi Om, Ibuk saya ingin foto bersama Om, boleh nggak Om?”

Artis : “Oh boleh.. boleeh..”

Kemudian Ibuku ~~yang masih setia dengan kacamata hitamnya~~ pose nyengir lebar di samping si artis. Untungnya sang terduga artisnya ramah dan mau ikutan nyengir lebar juga. Kalo artinya jaim, kan kita yang rakyat jelata jadi tengsin..

Setelah selesai,

Ibuk : “Teriima kasih ya Om..”

Artis : “Sama-sama, Ibu..”

Ibuk : “Omnya ini siapa ya?”

Artis : “Oh,.. saya stand..” *stand apaaaa gitu** nggak kedengaran 1*.

Ibuk : “Omnya aseli mana?”

Artis : “Saya Manado dan… apaaaaa gitu.*nggak kedengaran 2*

Dan setelah berpamitan, gue balik bertanya ke Ibuk..

Gue : “Jadi dia siapa buk?”

Ibuk : “Nggak tahu..”

Gue : “Laaaah? Jadi dia artis bukan sih buk?”

Ibuk : “Iya kali…”

Yeeee, gimana siii…

Dan sampai sekarang kami berdua masih tidak mengetahui siapa nama sang artis ini.. Maafkan ya Ooom.

Diterbitkan oleh

dewi

Illustrator yang aselinya malas nonton drama korea, pengennya masak-cuci piring aja..

41 tanggapan untuk “Nguping Ibuk #10”

  1. hahahhaa.. kocak bener ini si nguping ibuk.. ibuk nya mba dewi ini emang khas ibuk-ibuk banget yaa..
    aku ngakak pas bagian dikasih tau foto paling bawah itu. Itu si Monol mbak, stand up comedian gitu, hahaha, tapi si ibuk lebih paham keknya, haha.. *guling-guling ngakak*
    eh tapi btw, beneran itu si artis di PIM sampe lari2 manja2an di lobii, hahahaha, no to the rak amat yaahh…

    Suka

    1. Iyaaaaaa nggak ngerti aku kalau dia artis. Ibuku pun cuma pernah lihat di TV tapi nggak tahu siapa namanya.. Nanku akan ku-youtube-in deh Om Mongol ini.. orangnya ramah banget..

      Hahahaa.. ya begitudeh El.. si Cowok ngagetin si artis. Trus si artis njeri terkejutt. Tak terima dikagetin, seorang artis pun protes-protes manja.. Mau dibalas, si pacar sibuk menghindar. Jadilah mereka, heri.. heboh sendiri di mall..

      Kalau ada lagu India, mungkin mereka sudah nari hihihih…

      Suka

  2. Ya amppun, aku juga ga kenal artis itu. haha.. Aku sama kaya Mba Dewi, ga peduli sama artis yang macam itu hihihi… Pas ibu teriak nama Shahnaz, Shahnaz gimana Mba? Lah katanya ga peduli tapi kepohh…

    Suka

    1. Hahhahahaha.. Aku peduli kalau aku tahu siapa artisnya Ji.. Tapi kalau aku nda syuka.. biasanya males ngeliatin.
      Yang Syahnaz? Nggak tahu, aku nggak mau merhatiiin dia gimana.. Kege-eran udah banyak pengunjung yang lihatin soalnya. Lagian udah keburu tengsin sama Ibuku.. jadi tiba2 lari ke salah satu lapak box salenya Metro dan impulsih beli kaos (overprice) nggak penting.. Asyem.

      Suka

  3. hahaha thank you udah bikin ngakak di kantor siang bolong gini mba Dewi… karena jarang nonton tv saya juga gak tau siapa artis di foto terakhir itu mba, tapi untung ya ternyata emang beneran “artis”, tak pikir orang biasa hihihi… btw ibuknya masih awet muda loh mba

    Disukai oleh 1 orang

    1. Awww senangnya kalau bisa bermangpaat. Ahseeeeiikk ada juga yang nggak tahu artis terakhir selain diriku hihihi..

      Widiiiiih.. Nanti aku bilangin ke Ibuku yaa.. pasti seneng banget kalau dibilangin awet muda hihihi…

      Suka

  4. Oh beneran itu artis ya?? Wakakakakakak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Foto mamahmu pake sunglasses itu yahud abis loh! Tantee, numpang sungkeeem… minta maap abis ngetawain tante.. anakmu iki lohh, ndak sopan! πŸ˜‚πŸ˜‚

    Suka

    1. Iyaaaa… artis ternyataaa.. Akupun tak tahu hahah maafkan aku Om Mongool..

      Begitulaaah Nad, kalau nenek-nenek lagi demen selfie. Yastralaaahhhhh hihi.. Kalau ketahuan paling aku diomein..

      Suka

    1. Ya ampuuunnn.. sungguh tercerahkaaaan. Kalau nggak posting ini mungkin gw gak tau doi dan gak kepikiran mau yutubin om Mongol. in real life dia ramah banget orgngya…

      Suka

  5. Hahahahahaahhaha…aaahhh aku cintaaaa buanget sama si ibuk dah.
    Dulu aku pernah ke ancol sama ibuk bapak, 2 kakakku dan ponakan2. Terus ada anang ashanty dong, lari-lari dikejar fans. Aku sama suamiku udah yang β€œahelah ngapain sih ngejar2 artis, coba kalo henry cavill baru tuh dikejar buat dielus dadanya” (lah kok mendadak porno). Dan pas diliat lagi ternyata diantara kerumunan yang ngejar mas anang itu ada 2 kakakku dan ibuku. Rosone aku pengen mulih depok waeeeee. Maluuuu. Hahahahaha. Beberapa menit bertiga itu balik sambil bilang β€œga dapet fotonya, lah wong mas anangnya sembunyi ke wc. Udah kita muter dulu nanti kita cari lagi ya buat minta foto.”

    Disukai oleh 1 orang

    1. BAHHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHHAHAHAHAAAH!! itu kocaaaaakkk bgt.. aku jg pernah kayak gitu tp lagi antri naik mobil lereta mini di ragunan. Ya ampun mbaa.. itu mobil kereta mini looo bukan artiiiss.. pada kemruyuk rebutan naik kayak penumpang commuter line di jam sibuk.. aku nilang ke ibuk di sampingku “Ngapain si bu rebutan naik kayak apaan.. wong bentar lagi mobil yg lain juga datang”. Pas aku noleh, loh ibuku udah nggak ada.. aku cari2 ternyata ibuku ama aidan ada di barisan paling depan kerumunan orh itu. terus yg udah duduk manis di bangku depan mobil itu sambil manggil2 aku.. lahyuuuunh

      Suka

      1. Hahahaahhaahahahahah…keknya ya ibu2 ini suka banget sama hal2 yang kemruyuk apapun itu isinya ya. Jabang bayiiiikkkk rasanya ingin kututup mukaku pake krupuk. Dulu pas di kemayoran yang ada jakarta fair itu mbak, kan ada tuh mobil yang buat keliling2 macem odong2 itu, aku ditubruk sama bapak2 bawa anaknya sampe kepala kejeduk atap odong2 karena doi mau masuk si odong2 (dimana aku tuh mau keluar lo). Ini macem pertempuran sengit ibu2 penumpang krl jurusan bogor tanah abang tiap pagi aja.

        Suka

  6. Mongol itu wiii….stand up comedian..lol….ngakak abisss

    Coba kalau artis korea maen di CFd or di PIM yg ada si ibuk yg pura2 ga kenal kamu wiii..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Suka

  7. Wkwkwkwkwk, kirain kamu kenal sama Om Mongol Mbakyuuuu, makane postnya suka bikin ngakak. Taunya ora kenal toh.:))
    Baca dari awal sampe abis aku ga berenti-berenti ngakak deh, Ibuk mu memang syuperrr deh. *sungkem ke Ibuk.
    Kece badai loh itu pake kacamata item, awet muda sekaaleeeehhhh.:)

    Disukai oleh 1 orang

  8. hahahahah,, mba Dewww,, aku selalu suka kalo baca nguping ibuk nya mba Deww.. ditunggu episode selanjutnyaa yesss.. beteweh cucok meong foto dengan kacamatanya πŸ˜€ πŸ˜€

    Disukai oleh 1 orang

  9. Hahahhahaha.. masih muda ya? Usia 62 tahun mba Tiaa.. Weiits, aku bilang ke Ibuku ah pasti doi seneng hihi…

    Baru kali ini po aku pasangnya? (lupa sendiri)

    Suka

  10. wahahahhahaa,,mba Dew,akhirnya yah nguping ibuk ada lagi, dah kayak tv show yg ditungutunggu sejuta umat mba Dew,,
    si ibuk kek’nya mah lebih populer drpd si artis
    hahahhaha
    btw ibuk keren yah Mba Dew,kacamata’nya itulohh,makin membuat ibuk keren kayak arnold schwarzerneger
    suka banget sama “nguping ibuk” dibikin sitkom aja mba Dew,,pasti ratingnya tinggi 😁😁😁

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s